JUMAT SEHAT: BERMAIN “FAST GROUP” BERSAMA ADIK-ADIK MERDEKA DI AMBENGAN

Pada 2 Juni 2023, Save Street Child Surabaya melangsungkan kegiatan Jumat Sehat di Taman Paliatif bersama dengan adik-adik Ambengan. Sebelum berangkat, kakak-kakak SSCS dan Volunteers berkumpul di basecamp dan menyiapkan seluruh kebutuhan yang diperlukan. Seperti, susu, bingkisan snack, dan small gift untuk permainan nantinya. Kemudian, saat waktu telah menunjukkan pukul tujuh, kami berangkat bersama-sama menuju Taman Paliatif.

Ketika sampai di sana adik-adik langsung menyambut kedatangan kami dengan ceria. Mas Advin, selaku pembawa acara kegiatan itu, langsung mengumpulkan kakak dan adik-adik dalam satu lingkaran di tengah taman. Permainan seru yang menemani kegiatan jumat sehat kali ini adalah Fast Group. Yaitu, permainan berkelompok yang melibatkan empat kakak dan empat adik di setiap kelompoknya. Dari semua peserta kegiatan terbentuklah lima kelompok. Setelah itu, Mas Advin memberikan tiga tantangan yang harus dilakukan.

Tantangan pertama, mencari benda bewarna merah, kuning, hijau sebanyak-banyaknya selama satu menit, tetapi nggak boleh tumbuhan. Akhirnya, semua kelompok berkeliling mencari benda dengan warna yang diperintahkan. Saat durasinya habis, benda-benda bewarna merah, kuning, dan hijau telah berada di tangan masing-masing kelompok. Ada yang membawa bungkus jajan, uang dua puluh ribu, lipstik, sandal, gantungan kunci, helm, dan masih banyak lainnya. Setelah dihitung, tantangan ini dimenangkan oleh kelompoknya Kak Acil.

Lanjut, Tantangan kedua, yaitu menyusun benda setingi-tingginya dan harus berdiri sendiri dengan durasi satu menit. Dalam hitungan ketiga, seluruh kelompok langsung berceceran mencari benda yang tinggi dan bisa berdiri sendiri. Ada yang mengambil tong sampah, kardus, hingga sapu taman. Eits, tapi saat disusun, sapunya nggak mau berdiri sendiri. Wqwqwq. Ada juga yang menumpuk beberapa helm, eh waktunya dihitung helmnya roboh semua. Dengan begitu, tantangan ini dimenangkan oleh kelompok dari Kak Nova dan Kak Diki, yang berhasil menyusun kardus dan tas.

Terakhir, Tantangan ketiga, setiap kelompok harus membuat lagu yang memiliki unsur kata bahasa inggris dengan durasi selama 3 menit. Tentu ini bukan tantangan yang mudah. Pasalnya, setiap tim harus menciptakan, menghafal, dan kompak untuk menyanyikannya. Selesai tiga menit, semua kelompok berkumpul kembali dan menyanyikannya secara bergantian. Ada yang menyanyi lagu buah-buahan, ada juga yang mengubah lagu “sedang apa-sedang apa” dengan lirik bahasa inggris, dan lain-lain. Tetapi, karena pemenangnya berdasarkan akumulasi poin, maka permainan Fast Group ini dimenangkan oleh dua kelompok, yaitu kelompoknya Kak Acil dan Kak Nova, dengan masing-masing membawa 9 point.

Setelah menjalani permainan yang cukup melelahkan, adik-adik langsung beristirahat sambil minum susu bersama. Disela-sela istirahat tersebut, Mas Advin memberikan mini quiz seputar matematika. Dan, adik-adik yang berhasil menjawab akan diberikan hadiah. Dengan begitu, selain bersenang-senang, kegiatan Jumat Sehat juga memberikan edukasi kepada adik-adik.

Kegiatan Jumat Sehat ini ditutup dengan pembagian bingkisan dan foto bersama. Oh iya, kegiatan ini juga diikuti oleh siswa-siswi dari SAIM, serta dua kakak volunteers—Kak Feby dan Kak Tris. Makasih banyak yaa, telah ikut berpartisipasi. See You Next Jumat Sehat, Gaes!.

Oleh : Naimatul Chariro

Tinggalkan komentar